Sebagai
produk pelopor teknologi bidang otomotif masa kini, Honda telah melengkapi
produknya dengan Roller Rocker Arm. Bagaimana cara kerjanya?Untuk menjadikan
tenaga pada motor bakar, tenaga yang dihasilkan berasal dari pembakaran di
dalam cylinder, campuran bahan bakar dan udara dibakar di dalam ruang tertutup. Model pembakaran ini mendorong
piston meluncur dan menggerakkan crankshaft yang kemudian dengan suatu
mekanisme menggerakkan roda. Campuran bahan bakar udara serta hasil gas sisa
pembakaran masuk dan keluar melalui katup atau klep yang digerakkan oleh
camshaft, baik klep buang maupun klep isap.
Pada
engine tipe SOHC (Single Over Head Camshaft) untuk mengoperasikan klep camshaft
dibantu dengan sebuah part pengungkit yang disebut rocker arm, yakni merupakan
part dengan sebuah poros yang melintang di tengah batang. Sebuah ujungnya
mendapat tekanan dari camshaft yang berputar, sedangkan unjung yang lain akan
menekan batang klep bila salah satu ujung mendapat tekanan camshaft. Pada ujung
yang ditekan camshaft ini, batang rocker arm berbentuk seperti sepatu dengan
bidang berupa busur lingkaran.
Bidang
tersebut mendapat tekanan yang hebat dan akan aus akibat gesekan yang terjadi.
Selain kerusakan part akibat gesekan, kehilangan tenaga untuk operasional buka tutup
klep juga besar. Akibatnya tenaga engine yang dapat disalurkan ke roda belakang
juga banyak berkurang.
Maka untuk
mengurangi resiko itu, Honda mengembangkan teknologi roller rocker
arm. Pada teknologi, bidang gesek diganti dengan sebuah roller (semacam leher
atau ring tebal yang dapat berputar). Dengan adanya bidang roller tersebut
tidak terjadi gesekan antara rocker arm dengan camshaft. Sehingga tenaga
operasional klep juga menjadi jauh lebih kecil, di sisi lain part (camsaft dan
rocker arm) menjadi jauh lebih awet dibadingkan yang bergesekan. Teknologi
Roller Rocker Arm sendiri telah di terapkan Honda di Indonesia sejak awal tahun
2000. Di mana saat ini merk lain masih belum banyak menggunakannya.
“Untuk
lebih mudahnya, mari kita analogikan kursi dengan roda dan kursi tanpa roda
dengan seorang yang duduk di atas kursi,”. Roller rocker arm ibarat sebuah
kursi roda, walaupun mendapatkan beban yang sama besar tetapi mendorong sebuah
kursi roda jauh lebih ringan dan mudah dibandingkan kursi tanpa roda. Sehingga
lantai dan alas kaki kursi juga jauh lebih awet.
Pada
generasi baru ini bidang gesek pada poros rocker arm dengan batang rocker arm
dilengkapi dengan bantalan bambu (Needle Bearing). Dengan adanya needle bearing ini tentunya gesekan yang terjadi semakin
minim, sehingga tenaga engine semakin besar dan engine semakin awet. Supra X 125 Helm In merupakan motor pertama yang
menggunakan roller rocker arm model terbaru dengan teknologi New rocker arm di atas…? tarikannya joss atau tidak….... ya utarakan di kolom komentar.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon