Produsen motor ternama dari Italia, Ducati,
memperkenalkan terobosan teknologi terbarunya, yaitu Desmodromic Valve Timing
(DVT). Sistem tersebut secara continue mengatur timing katup intake dan exhaust
secara independen antara satu dengan yg lainnya, sehingga menghasilkan tenaga
mesin yg lebih optimal serta sekaligus memperbaiki efisiensi bahan bakar.
Pada press release Ducati tidak menyebutkan
secara spesifik tipe motor yg akan menggunakan mesin berteknologi DVT tersebut,
namun disinyalir kadidat utama adalah Multistrada 1200.
Ukuran bore dan stroke masih identik dengan mesin
terdahulu, yaitu 106 x 67.9 mm. Tetapi dengan teknologi DVT ini, mesin terbaru
ini sanggup menghasilkan tenaga 160 hp pada 9500 rpm. Besarnya tenaga tersebut
naik 10 hp kalau dibandingkan dengan Multistrada yg masih dipasarkan saat ini
(tenaga 150 hp).
Tidak hanya tenaga saja yg naik, tetapi dengan mesin berteknologi DVT ini juga
menghasilkan torsi yg lebih besar, yaitu 100 foot-pounds, tentu saja nilai
tersebut lebih besar dibandingkan mesin tanpa DVT yg memiliki torsi 92
foot-pounds.
So,
teknologi DVT patut mendapat apresiasi, karena dapat meningkatkan performa
mesin (kenaikan tenaga dan torsi), namun memiliki efisiensi bahan bakar yg
lebih baik. Demikian sekilas informasi tegnologi sepeda motor, Semoga
bermanfaat.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon