Anda,
sekarang bisa menyebutkan motor Honda apa saja yang menggunakan radiator?
Ya, sebagaimana kita tahu beberapa motor Honda dengan mesin injeksi keluaran
baru sudah menganut sistem pendinginan menggunakan cairan alias water cooler.
Nah kita bahas dari awal dulu ya apa sih sebenernya radiator dan kenapa harus
pakai radiator.
Radiator
adalah bagian dari sebuah sistem pendinginan mesin untuk meredam panas
hasil pembakaran bahan bakar. Sistem pendinginan mesin terdiri dari
beberapa part seperti :
1. Radiator. Part yang terlihat
banyak kisi-kisi atau celah-celah kecil yang tersusun rapi berbahan aluminium.
Dan biasanya diletakkan di depan mesin menghadap angin masuk.
2. Kipas radiator. Part yang
berfungsi membantu memaksimalkan proses pendinginan radiator. Walaupun radiator
dah terbuat dari bahan aluminium yang terbukti baik dalam penyerapan dan
pelepasan panas, namun pada suhu tertentu yaitu diatas 80 derajat celcius,
sangat memerlukan bantuan pendingin radiator dengan kipas ini, sehingga
temperatur mesin dapat di jaga lebih ideal. Kipas ini juga membantu saat
pendinginan mesin motor Honda-mu dikala macet macetan. Jadi angin masih tetap
didapat dan dihembuskan.
3. Water Pump. Atau disebut
pompa cairan radiator yang berfungsi mensirkulasikan cairan radiator dari
silinder block (water jacket) lalu head untuk mengambil panas lalu cairan masuk
ke radiator untuk dibuang panasnya. Pompa ini bekerja terus-menerus selama
mesin bekerja, ada yang menggunakan putaran crankshaft, ada juga meminta
putaran noken as alias camshaft, bahkan ada pula yang memakai pompa elektris
yang diputar oleh aki. Pompa air ini menggunakan type pompa sentrifugal yang
menggunakan sudu-sudu atau propeler untuk menimbulkan tekanan atau head energy
agar dapat bersirkulasi ke seluruh lintasan selang radiator.
4. Thermo Sensor. Piranti ini
berfungsi membaca suhu cairan yang keluar dari silinder head atau mesin dan
akan mau masuk ke radiator. Penempatan ini dimaksudkan agar suhu yang dibaca
merupakan suhu panas yang terjadi di silinder head.
Nah setelah kita kenal apa
radiator dan part pendukungnya sekarang kita bahas kenapa harus pakai radiator.
Pertama nih, mesin tersebut
biasanya mempunyai kompresi yang tinggi sehingga hasil pembakarannya
menimbulkan panas yang lebih dari mesin dengan kompresi lebih rendah. Nah
dengan panas yang lebih ini biasanya mesin tidak sanggup hanya didinginkan oleh
kisi kisi mesin. Jadi
harus dibantu dengan radiator.
Kedua,
mesin kondisi tertutup dan susah mendapatkan asupan udara maksimal. Contoh :
mobil dan motor berfairing. Kap mesin atau fairing menutupi hampir seluruh
mesin sehingga mesin tidak dapat bernafas dengan lega.
Oke,
selanjutnya kelebihan dan kekurangannya menggunakan radiator pada motor Honda.
Kita mulai dari kelebihannya nih, yang jelas mesin bisa dalam kondisi panas
ideal secara konstan. Dimana pembakaran tidak akan terganggu dengan panas
berlebih saat mesin bekerja yang biasanya bikin pembakaran jadi ngaco karena
bahan bakar terbakar lebih dahulu sebelum waktunya. Selanjutnya dengan suhu
yang terjaga ini mesin akan bekerja sempurna sehingga tenaga pun sempurna.
Kelebihan
selalu ditemani oleh kekurangan, nah radiator ini biasanya lebih mahal sehingga
harga kendaraannya pun akan lebih mahal. Yang selanjutnya adalah perawatan yang
harus ekstra. Bila salah satu part system pendinginan yang disebutkan di atas
mengalami kerusakan atau tidak bekerja sempurna maka pendinginan akan tidak
maksimal dan kerusakan mesin menghantui. Seperti cylinder head melenting
dan sebagainya.
Nah sekarang anda tinggal
pilih, Air cooled or water cooled? Semua punya kelemahan dan keunggulan
masing-masing.Semoga bermanfaat.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon