CAMSHAFT / NOKEN AS
Adalah
sebuah part yang ada didalam mesin 4 langkah yang bertugas mengatur membuka dan
menutup klep (valve). Yang terpenting dalam hal ini
sebenarnya korelasi gerak rotasi camshaft dengan gerak rotasi crankshaft.
Tujuanya tidak lain mengatur valve untuk memasukan campuran bahan bakar dan
udara kedalam ruang bakar serta mengatur buangan sisa pembakaran.untuk itu
camshaft dan crankshaft dihubungkan melalui mekanisme roda gigi atau dengan
rantai mesin (cam Chain). Letak camshaft sendiri tergantung dari pengoperasian
terhadap valve, secara langsung atau menggunakan mekanisme tambahan seperti
batang pendorong atau rocker . Pada model operasi langsung membuka dan menutup
valve, camshaft berada diposisi atas dari ruang
bakar. beberapa dari mesin menggunakan satu camsahft yang dihubungkan
dengan crankshaft untuk menggerakan intake valve dan exhause valve, yang sering
disebut SOHC,(single overhead cam). Sedangkan beberapa mesin menggunakan dua
cam shaft. Yang satu mengerakan intake valve dan satunya menggerakan exhause
valve , yang sering disebut DOHC(doble overhead cam).
Cara
kerja camshaft ditentukan oleh (lobe) yaitu bagian yang menonjol dari camshaft
inilah yang memegang peranan penting dalam membuka dan menutupnya valve.
Seiring pergerakan camshaft , lobe akan membuka dan menutup sesuai pergerakan
piston pada mekanisme intake dan exhause yang dibutuhkan. Mesin 4 langkah pada
posisi TMA (titik mati atas) intake valve mulai membuka seiring pergerakan
piston menuju TMB(titik mati bawah), kemudian intake valve akan tertutup pada
saat piston mencapai posisi paling bawah. Piston kembali bergerak keatas dan
beberapa derajat sebelum TMA busi memercikan bunga api terjadilah ledakan yang
memaksa piston bergerak lagi kebawah, pada saat TMB ini exhause valve mulai
membuka seiring pergerakan piston keatas dan menutup
penuh pada saat piston diposisi TMA.begitu seterusnya dan beulang ulang. Mekanisme
inilah yang harus diatasi oleh pergerakan camshaft yang disesuaikan dengan
pergerakan crankshaft. Semakin cepat mesin bekerja semakin cepat pula aliran
bahan bakar dan udara yang harus dimasukan kedalam ruang bakar. Untuk itu para
tuner berusaha agar supaya waktu buka intake valve yang lebih lama, untuk itu
para tuner memerlukan parameter valve lift atau angkatan valve, dengan cara
mendesain lobe pada camshaft.
Sekian dulu share
dari saya, kapan kapan akan saya lanjutkan mengenai menghitung durasi camshaft
dan menghitung overlap dan LSA. sampai ketemu lagi. semoga bermanfaat.....
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon