Pada saat
pagi temperatur udara menjadi dingin, proses pencampuran bahan bakar dan udara
menjadi kurang tepat (campuran miskin). Tidak Stoikiometri (dalam istilah
kimia, red). akibatnya motor menjadi susah di starter. Agar memudahkan, maka
motor dilengkapi dengan alat pengaya bahan bakar, namanya Choke.
Pada
saat mesin dingin maka perlu di-choke agar motor lebih mudah distarter, dan
bila temperatur mesin sudah hangat maka choke harus dimatikan, agar putaran stationer
atau langsam-nya halus dan tidak boros bahan bakar.
Pada motor
matik misalnya, tentu agak ribet kalau motor matik harus menarik choke setiap
pagi. “Mestinya namanya bukan motor matik lagi kalo begitu. Tetapi motor
setengah matik atau lebih lengkapnya motor transmisinya saja yang matik,”
Pada motor
matik Honda Anda tidak perlu menarik choke setiap pagi, karena motor matik
Honda dilengkapi dengan sistem Choke Automatis atau disebut dengan nama
Autochoke.
Choke
berfungsi memperkaya bahan bakar bila diperlukan, sistem kerjanya dengan
menambahkan bahan bakar atau menghalangi sejumlah udara yang masuk, sehingga
campuran bahan bakar udara menjadi lebih kaya. Gambar1
Pada Autochoke Matic Honda
(Vario, Beat dan Scoopy), choke berfungsi menambah suplay bahan bakar saat awal
start. Alat atau perlengkapan ini dijalankan secara elektronik
dan berfungsi secara otomatis. Jadi tidak perlu menarik tuas choke, dan jangan
dicari tuas choke-nya karena memang tidak ada tuasnya.
Pada
gambar di atas terlihat terlihat cara kerja autochoke, di mana autochoke
bekerja secara elektronik.
Saat
kondisi mesin dingin, saluran bahan bakar tambahan masih terbuka.
Dengan
terbukanya saluran bahan bakar maka campuran udara dan bahan bakar menjadi kaya
sehingga motor menjadi mudah dihidupkan. Saat motor cukup panas, CDI akan
mengalirkan arus ke heater yang terdapat di autochoke. Lihat perbedaan
jaraknya antara gambat 1 dan 2 ( A dan B ).
Heater
tersebut memanaskan thermowax, yang kemudian akan mengembang sehingga mendorong
Jet Needle menutup saluran bahan bakar tambahan (Needle Jet) sehingga campuran
bahan bakar menjadi normal kembali (campuran stoikiometri). Gambar 2 Saat
motor dimatikan dan menjadi dingin maka pegas akan mendorong termowax kembali
ke atas sehingga saluran tambaha bahan bakar terbuka kembali setelah mesin
dingin. Motorpun menjadi tetap mudah distarter.
Tetapi
bagaimana bila saat mesin masih dingin terus kunci kontak di-ON-kan dan motor
tidak langsung distarter? “Tenang, autochoke bekerja secara elektronik yang
sistem kerjanya diperintah atau diatur oleh CDI unit. CDI unit tidak akan
memerintahkan auto choke menutup bila motor belum menyala hingga mesin mencapai
temperatur optimal, Bila sobat sudah meng-ON-kan Skuter Matic Honda-nya dan
tiba-tiba diajak ngobrol, maka Autochoke-nya tetap bekerja secara normal.
Skuter Matic Hondanya masih tetap mudah dihidupkan.sekian dulu posting saya
sampai ketemu lagi, semoga bermanfaat.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon