Seiring pemakaian dan jarak tempuh si Matic
125, lama kelamaan tumpukan kerak di ruang bakar dan sekitarnya semakin banyak,
apalagi jika pakai bensin beroktan rendah dan jarang digeber di rpm tinggi.
Efeknya bikin lemot dan boros, bahkan di Honda Vario 125 bisa bikin mogok.
Waduh!
“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O2 di lubang buang juga bisa ikut kotor, kalau kotoran terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,”
“Kalau sensor O2 terlalu kotor, pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya si matic jadi berat,”
Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O2, karena tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold-nya. Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,”
“Karena kalau odometer sudah tinggi, sensor O2 di lubang buang juga bisa ikut kotor, kalau kotoran terlalu tebal bikin brebet, susah distarter bahkan mogok,”
“Kalau sensor O2 terlalu kotor, pembacaan hasil pembakaran enggak akurat, voltase yang dikirim ke ECM bisa terlalu besar atau kecil, memang bisa saja bikin larinya si matic jadi berat,”
Maklum saja, Vario 125 pakai sistem injeksi step 4, yang pembacaan pembakaran bergantung pada sensor O2, karena tak ada sensor tekanan dan suhu di intake manifold-nya. Lalu apa yang harus dilakukan? “Bersihkan saja, biar pembacaan hasil pembakaran yang diumpan ke ECM kembali akurat,”
pembersihan cukup pakai sikat kawat dan
ditiup angin kompresor . Dan yang harus diingat, jangan sampai jatuh ya! Karena bisa rusak dan harganya lumayan mahal, sekitar Rp 305 ribu.
Oh iya, alat yang dibutuhkan
yaitu obeng plus, sikat kawat, kunci sok 10, 12 dan 17. Berikut ini simak
urutan pelepasan dan pemasangannya kebalikannya.
Agar bisa melepas sensor O2 dengan mudah,
seluruh bodi belakang dan behel harus ditanggalkan. Tentu lepas semua baut yang
mengikatnya pakai obeng plus dan kunci sok.
Setelah itu lihat sensor O2 yang ada di sisi
kiri cylinder head. Nah pertama lepas kabelnya, dengan memutar sedikit dan tarik
Lanjut ambil kunci sok 17 berikut
pegangannya,untuk melepas sensor hati hati jangan sampai jatuh.
O2
Ini dia sensornya, jika kondisinya kotor maka wajib dibersihkan. Cukup pakai
sikat kawat ya lalu semprot pakai angin
Nah sekarang sudah bersih kan, tinggal pasang
lagi deh dengan langkah kebalikan pelepasan. Coba ngacir ngga. Semoga
bermanfaat.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon