Dalam peranti penerus daya di skubek yang
bernama Continous Variable Transmission (CVT), setidaknya ada dua jenis per di
dalamnya. Yaitu per CVT yang berfungsi sebagai penekan plat bagian dalam, agar
secondary sliding shave dapat merapat dan roda bisa berputar. Ada lagi spring
clutch atau yang akrab disapa per kopling ganda, jumlahnya biasanya 3. Fungsinya mengatur bukaan kopling ganda agar mampu menggigit rumah mangkuk
rumah kopling. Nah,
buat angkat performa motor sobat bisa seting per CVT di motor matic.
Saat ini, di pasaran sudah banyak tersedia
pilihan per CVT maupun per kopling ganda dari berbagai tingkat kekerasan. Namun
mana yang harus sobat pilih untuk motor sobat? “Itu tergantung dari tujuan
modifikasi CVT-nya terlebih dahulu, mau mengejar akselerasi atau top speed,”
Kalau biasanya motor-motor pabrikan mematok per
CVT dan per kopling gandanya itu di angka 800 - 1.000 rpm. “Sebenarnya memahami
karakter per di CVT itu mudah, semakin tinggi rpm sebuah per, maka semakin
keras pegas tersebut. Efek akselerasi yang dihasilkan, akan lebih mengentak.
Namun top speed biasanya agak turun,”
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon