Pernah dapatin bagian CVT Honda Scoopy atau
BeAT kesayangan bocor/rembes oli atau oli netes lewat slang pembuangan di bawah
bak CVT. Kalau Scoopy atau BeAT sobat mengalami CVT bocor seperti itu, buruan
atasi deh. Ini tips atasi CVT Honda BeAT atau Scoopy bocor.
Jika
tidak, masalah akan berdampak ke mesin. Oli mesin lama-lama berkurang. sehingga
menyebabkan proses pelumasan komponen yang bergerak di dalam mesin jadi tidak
optimal. Resiko terparahnya, mesin bisa jebol.
Penyebab
CVT bocor itu ada kemungkinan sil kruk as kiri jebol. Sehingga oli mesin
merembes masuk ke dalam ruang CVT. Cara ganti sil kruk as skubek Honda ini
mudah saja kok. Harga
sil orinya pun murah meriah dan mudah didapat, hanya Rp 7 ribu saja.
Buat atasi CVT Honda BeAT atau Scoopy bocor
mula-mula tanggalkan bak CVT dengan melepas semua baut pengacingnya pakai kunci
T-8. Kelar bak CVT copot, akan terlihat jeroan CVT nya. Lanjutkan melepas puli
depan (primer) dengan menanggalkan mur pengancingnya pakai kunci sok 22 mm. Jangan
lupa tahan putaran puli yang bergerigi pakai tracker. Jika sudah, cabut
satu persatu komponen puli primer tersebut, maka akan terlihat sil kruk as yang
dimaksud.
Nah, untuk melepas sil kruk as itu, cabut
dulu klip atau spi penahannya pakai tang spi. Setelah
spi terlepas, baru deh cungkil sil kruk asnya pakai oben min kecil. Tapi
pelan-pelan saja, jangan sampai merusak rumah dudukan silnya.
Beres deh, tinggal pasang sil baru. Oh iya, saat
pasang sil baru, pastikan sil tersebut masuk sampai mentok. Untuk
mendoronganya, bisa manfaatkan ujung kunci T sembari diketok perlahan pakai
palu secara melingkar. Jika sudah benar-benar masuk pol, lanjutkan memasang
klip penahannya, lalu rakit kembali komponen CVT nya seperti semula. Tapi,
jangan lupa bersihkan dulu ruang CVT nya dari kotoran dan bekas oli yang meler
dari sil kruk as sebelumnya. Dijamin
CVT yang rembes oli bakal sembuh deh.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon