Coating Piston, bisa
dibilang Ceramic Coating juga
Ada yang pernah denger apa itu Coating
Piston dan lapisan Dry Film? Nah, kali ini mau menjelaskan
apa sih Coating Piston itu. Kalo kita ketik Coating di Wikipedia, dijelaskan bahwa Coating
adalah sebuah penutup atau lapisan seperti selimut yang diaplikasikan pada
permukaan suatu benda. Nah, udah ada gambaran dong apa itu Coating Piston?
Jadi, Coating Piston adalah suatu lapisan
yang bekerja melindungi si piston alias seher, supaya lebih awet dan tahan
terhadap panas, Teknologi Coating Piston ini biasa digunakan dalam ajang balap
mobil Nascar dan F1.
“Keuntungannya mengaplikasikan Coating
Piston ini ada banyak. Tahan terhadap suhu panas, bisa mengirit konsumsi bahan
bakar, kompresi pada motor juga jadi lebih padat dan low friction atau rendah
gesekan,” Wah, ada-ada aja idenya..
Sebenernya, Coating Piston ini merupakan
tren lama di Amerika, Nah, sekarang-sekarang ini mulai booming juga di dunia
balap motor Indonesia. Jelas sangat menguntungkan kalo proses Coating ini
digunakan. Apalagi untuk ajang balap semacam road race, dimana motor akan
digeber abis-abisan seperti uji ketahanan.
“Proses
ini, juga diterapkan di motor-motor balap,”
Proses dari Coating Piston ini seperti
dicat pernis. Tentu piston harus dibersihkan terlebih dahulu untuk
menghilangkan debu atau oli. Jika belum terlalu bersih, nanti hasil Coating
akan menimbulkan bintik-bintik gelembung ketika di-oven (panggang). Lalu
permukaan seher dilapis dengan Coating, dan terakhir masuk proses heat
treatment atau dipanggang agar lapisan coating menempel kuat.
Hasil dari proses Coating ini membuat warna
seher jadi berubah, Dari yang sebelumnya mengkilap, setelah dilakukan Coating
berubah menjadi buram seperti foto di atas.
Nah, kalo lapisan Dry Film sendiri, bisa
diibaratkan seperti Dry Lubricant, Lapisan Dry Film ini cuma bisa untuk bagian
badan atau dinding seher dan noken as alias kem. Berbeda dengan Coating, kenapa
bisa diibaratkan Dry Lubricant? Karena dengan mengaplikasikan lapisan Dry Film
ini, seher atau noken as jadi lebih licin. Sehingga, pergerakannya pun jadi
lebih maksimal. Hal ini juga dapat memperpanjang umur mesin,
Oh iya, proses ini gak hanya buat seher dan
noken as doang, tapi silinder head juga bisa dilapisin. Dengan merogoh kocek Rp
2 juta dan lama pengerjaan 3 hari, seher, noken as dan silinder head selesai
dilapisi Coating dan Dry Film. Proses ini tentunya gak hanya buat balap aja,
buat harian pun juga cocok, karena bisa bikin suhu mesin lebih dingin dan awet,.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon