Seorang pengguna sepeda motor mengeluhkan bahwa pada
suatu pagi, saat ingin menyalakan motor menggunakan kick starter, bagian
tersebut tidak berfungsinya sebagaimana mestinya. Gejalanya kick
starter enteng, istilahnya "ngelos" atau tidak ada tendangan
balik.
Akibatnya, motor sulit dihidupkan. Untung jika motor itu elektrik
starter-nya masih normal. Tentu repot jika bagian itu juga rusak. Pengalaman
ini tentu banyak yang mengalami. Pertanyaannya, kenapa bisa begitu? Apa yang
salah?
Bahwa kick starter "ngelos" tidak
lain disebabkan karena mesin tidak melakukan tekanan kompresi yang harusnya disebabkan
oleh dorongan piston.
"Penyebabnya karena di klep (valve) ada kotorannya.
Pasti karena itu. Kalau klep kan harus naik turun. Kalau dia ada
kotorannya, pas nutup tidak menutup sempurna,"
Kotoran pada klep sebetulnya merupakan kerak karbon sisa pembakaran bensin.
Klep yang tidak tertutup sempurna membuat kompresi bocor. Inilah yang dimaksud
dengan loss kompresi atau kehilangan kompresi.
Klep sendiri, atau yang juga dikenal dengan nama katup, berfungsi mengatur
masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin
motor.
"Kenapa bisa ada kerak. Biasanya karena pakai bahan bakar premium (RON
rendah). Kalau premium memang bakal ada sisa pembakarannya berupa kerak,".
Karena itu, disarankan agar orang lebih memilih bahan bakar yang RON-nya tinggi.
Untuk memperbaikinya, pemilik motor untuk memasukkan oli baru tiga sendok
melalui lubang busi. Menurutnya oli baru ini bisa membuat kerak akan larut.
Namun saat dinyalakan akan keluar asap karena oli baru itu terbakar.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon