Jika
diperhatikan, hampir semua spatbor belakang sepeda motor baru keluaran pabrik
menggunakan material plastik warna hitam. Berbeda dengan spatbor depan yang biasanya lebih
berwarna karena di cat sesuai warna bodi.
Material
plastik hitam untuk spatbor belakang lebih karena alasan teknis. Dari
sisi fungsionalitas lebih baik karena kuat benturan.
“Tidak
ada keharusan warna hitam sih. Cuma materialnya terbuat dari Polypropylene
(PP), agak lentur. Karena bagian tersebut (spatbor belakang) sering terbentur
di jalan. Beda dengan plastik buat body bermaterial ABS yang lebih kaku,”
katanya.
Selain
lebih kuat benturan karena lentur, bahan PP memiliki struktur permukaan yang
berbeda dengan plastik bodi. Permukaan PP lebih kasar, sehingga sulit di cat.
Jika pun tetap di cat maka cat cepat ‘ngangkat’ karena bahannya lentur.
“Body ABS lebih getas dan mudah di cat
karena pori-porinya kecil. Beda dengan PP yang agak lebih besar dan lentur, cat
mudah rusak. Mungkin karena itu juga PP selalu menggunakan (warna) hitam. Jika
pun berkarakter, dealer buat dari cetakannya bertekstur khusus,”.
Urusan memakai plastik untuk spatbor di
motor jaman sekarang, karena desain sepeda motor terus berubah seiring
perkembangan jaman. “Beda dengan motor jaman dulu yang menggunakan material
plat dan biasanya chrome,”
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon