Suku
Cadang yang tertanam pada kendaraan tak selamanya bertahan. Semua punya usia pakai
dan jadwal penggantian agar performa tetap optimal.
Meski kadang konsumen memercayakan semua urusan servis kepada mekanik—termasuk
jadwal penggantian komponen fast moving—namun tetap saja kita harus
mengetahui soal waktu usia pakai agar tidak ”keterusan”.
Berikut jadwal penggantian Suku Cadang fast moving (cepat pakai) sepeda
motor (khususnya Skutik)
yang disarankan :
No
|
Nama Komponen
|
Kilometer Disarankan untuk Ganti
|
Akibat
yang Timbul Jika Tidak Diganti
|
1
|
Busi
|
6.000 km dan kelipatannya
|
1.
Performa dan tenaga mesin turun
2.
Gejala panas berlebihan
3. Boros bahan bakar
|
2
|
Filter Oli
|
9.000 km dan kelipatannya
|
1.
Pelumasan mesin tidak optimal -> komponen mesin cepat aus.
2. Kualitas oli turun -> mesin mudah
panas.
|
3
|
Filter Udara
|
9.000 km dan kelipatannya
|
1.
Boros bahan bakar
2.
Performa dan tenaga mesin turun
3.
Debu masuk ke ruang bakar -> timbul suara kasar -> komponen aus/ rusak
|
4
|
Kanvas Rem
|
12.000 km dan kelipatannya
|
1. Piringan/ cakram/ tromol aus
2. Timbul suara berderit -> kemampuan
rem berkurang.
|
5
|
Gir dan Rantai (khusus untuk bebek dan
sport)
|
15.000 km dan kelipatannya
|
1.
Boros bahan bakar
2.
Performa dan tenaga mesin turun
3. Timbul suara kasar (noise)
4. Rantai bisa putus -> rawan
kecelakaan
|
6
|
Weight Roller
|
24.000 km dan kelipatannya
|
1.
Boros bahan bakar
2.
Performa dan tenaga mesio turun
3.
Debu masuk ke ruang bakar
|
7
|
Kanvas Kopling
|
24.000 km dan kelipatannya
|
1.
Boros bahan bakar
2.
Performa dan tenaga mesin turun.
3. Timbul panas berlebihan
|
8
|
V –Belt
|
25.000 km dan kelipatannya
|
1.
Bahan bakar boros
2.
Performa dan tenaga mesin turun
3. Timbul suara kasar
4. V-Belt bisa putus.s
|
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon