Semakin banyak pengendara
yang memercayakan nitrogen untuk mengisi ban. Tak hanya pengguna mobil,
pesepeda motor pun mulai ”bermigrasi” untuk mengganti angin biasa dengan ”angin
spesial” dengan rumus kimia N2 itu. Alhasil, banyak mitos berkembang yang tak
sepenuhnya benar.
Edukasi soal nitrogen pun
mulai dilakukan para pebisnis bahwa nitrogen untuk sepeda motor tak kalah
penting ketimbang mobil. Nitrogen mempunyai kandungan air sangat sedikit
sehingga kecil kemungkinan ban berkarat. Selain itu, tekanan yang stabil
membuat ban yang diisi nitrogen lebih tahan lama dan tahan panas, yang pada
akhirnya mengurangi kejadian pecah ban.
Berikut Anggapan yang berkembang, Mana mitos yang
benar?
1.
Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari. Faktanya, mitos ini salah.
Justru dengan gas nitrogen yang sedikit mengandung air dan tidak mengeluarkan
”keringat”, pelek yang terbuat dari besi jadi tak mudah berkarat.
2. Ban
lebih jarang kempes dengan nitrogen. Mitos ini benar. Sebab, sedikitnya
kandungan air dalam nitrogen membuat tekanan udara dalam ban sepeda motor jadi
lebih stabil.
3. Ban
lebih awet. Pernyataan ini benar. Sebab, dengan tekanan yang lebih stabil, ban
tidak mudah memuai dan benjol karena benturan. Keretakan pada ban juga bisa
diantisipasi.
4.
Nitrogen hanya bisa dipakai di ban tubeless. Mitos ini salah. Pada
dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil. Ban yang menggunakan
ban dalam justru lebih membutuhkan gas nitrogen untuk mengurangi dampak
pemuaian udara dan panas.
5.
Nitrogen membuat laju sepeda motor lebih ringan. Tidak sepenuhnya benar. Sebab,
perbedaan berat antara angin biasa dengan nitrogen hanya sekitar 5 persen
(nitrogen sedikit lebih ringan), jadi tidak terlalu signifikan.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon