Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) ini
adalah salah satu fitur canggih yang diperkenalkan Honda untuk motor motor
terbarunya. Fitur ACG Starter ini biasa dibilang sebagai fitur yang
menghilangkan suara “Bletakkk” pada saat starter motor anda. Di artikel ini akan kami jelaskan berbagai keunggulan serta cara kerja dari
ACG Starter ini.
Keunggulan ACG
Starter
Sebelum kita
menjelaskan ACG Starter maka kami ingin memberi tahu dulu keunggulan dari fitur
ini.
Berikut adalah keunggulan utama dari ACG Starter pada
motor Honda anda.
·
Mengurangi
getaran dan bunyi saat menyalakan mesin motor. (Sudah tidak lagi Starter
“Bletakkk”).
·
Mengurangi konsumsi BBM (karena adanya sistem decompression yang
mempermudah kerja piston)
·
Mengisi aki secara otomatis
·
Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brush yang
biasanya terdapat pada dinamo biasa
Pengertian ACG Starter
Alternating Current Generator (ACG) yaitu alat untuk
menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter
yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Sehinga keduanya
dikombinasikan menjadi ACG starter.
Teknologi ACG Starter pada awalnya sempat diaplikasikan
pada motor Honda PCX 125,
namun kini teknologi ini dapat Anda temukan juga pada Honda Vario
Techno 125 ISS. Pada dasarnya,
teknologi ACG Starter yang terdapat pada motor Honda merupakan kombinasi dari teknologi ISS (Idling Stop System).
Perbedaannya,
jika teknologi ISS bekerja untuk mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi
BBM yang terbuang secara percuma, ACG Starter justru bekerja untuk merawat
mesin motor karena fiturnya yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus.
Perbedaan Dengan
Starter Konvensional
Berbeda dengan
motor yang masih menggunakan sliding-gear starter-type system yang
cenderung konvensional dengan menggunakan dinamo starter sehingga dapat
menimbulkan hentakan suara kasar pada saat menghidupkan mesin.
Pada sliding-gear
starter-type system terdapat dua buah gir berukuran kecil dan besar
yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakkan piston. Gesekan
tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya Anda dengar ketika Anda mulai
menyalakan mesin motor.
Berikut ini
adalah perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter
Konvensional :
Perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional
Pada ACG starter
terdapat beberapa komponen seperti flywheel, magnet
flwwheel, dan kumparan (stator) seperti yang terlihat pada gambar di
bawah ini :
Magnet Flywheel, Magnet Flywhel & Stator
Cara Kerja ACG
Starter
Ketika mesin
dinyalakan, arus listrik akan mengalir melalui stator yang
berlaku sebagai magnet listrik (elektromagnet). Stator tersebut
pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang hampir mirip dengan alternator, hanya
saja lebih mengandalkan mekanisme antar magnet. Contohnya, pada Honda Vario
Techno 125 ISS terdapat 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri
dari kutub magnet yang remanen (tidak tetap). Kumparan-kumparan tersebut masih
dibagi lagi menjadi 3 hall.
Berikut ini adalah detail gambarnya :
Pada saat mesin dinyalakan, maka secara otomatis arus
listrik akan langsung dialirkan ke FET Circuit yang terdapat pada Electronic
Control Module (ECM) yang kemudian dibagi secara merata ke dalam 3 hall
tersebut. Selanjutnya, stator yang
telah menjadi elektromagnet akan bertemu dengan magnet flywheel.
Pertemuan antar
kedua magnet inilah yang menyebabkan flywheel bergerak,
sebelum akhirnya menggerakkan piston yang terhubung langsung untuk menyalakan
mesin motor. Selanjutnya, setelah motor dalam kondisi berjalan, maka secara
otomatis ECU / ECM akan memutus tegangan listrik ke stator dan
beralih fungsi menjadi Generator AC.
Generator ini
nantinya akan mengubah arus listrik menjadi DC (searah) untuk mengisi baterai
(aki) dan mendukung kinerja ACG Starter pada penggunaan berikutnya.
Secara logika,
karena gesekan yang terjadi adalah berasal dari pertemuan antara dua magnet,
maka dapat dipastikan tidak akan ada lagi suara berisik akibat gesekan antar
gir yang terjadi ketika Anda mulai menyalakan mesin motor (seperti pada sliding-gear
starter-type system). Anda hanya akan merasakan mesin motor Anda menyala
seketika dengan bunyi yang sangat halus (diminimalisasi).
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon