Selamat datang di Blog PLAT R

Fitur Pro-Link Suspension Pada Motor Honda

Berbicara mengenai teknologi pada sepeda motor, Honda sepertinya tidak pernah kehabisan akal dalam melengkapi motor pabrikannya dengan berbagai fitur yang berkelas dan tentunya semakin membantu anda dalam urusan transportasi sehari-hari.

Di artikel kali ini kami ingin membahas fitur Pro-Link Suspension. Fitur ini merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi yang dimiliki oleh Honda untuk menjamin kualitas kenyamanan anda dalam berkendara terutama pada kondisi jalan yang tidak rata.
Pengertian Fitur Pro-Link Suspension & Benefit Bagi Pengendara.
Fitur Pro-Link Suspension adalah sistem peredaman yang lebih progresif dan fleksibel sehingga anda akan tetap merasa nyaman ketika berkendara dalam jarak yang dekat maupun jauh dan dalam kondisi jalan yang rata maupun bergelombang.
Fitur Pro-Link Suspension ini bisa anda sesuaikan tingkat kekerasan dari suspensi belakang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda dalam berkendara. Sistem suspensi ini juga akan mencegah motor anda dari kerusakan akibat gesekan antara body motor, bantalan suspense (rear cushion), serta ABS modulator.
Cara kerja sistem Pro-Link Suspension pada Honda CBR 250R
Berikut adalah diagram mengenai cara kerja Pro-Link Suspension terhadap bantalan suspensi belakang motor Anda:

Secara sederhana, sistem ini berfungsi dengan menyesuaikan antara kinerja bantalan pegas suspensi belakang (cushion arm) dan connecting rod (sebagai penghubung), dengan pergerakan dari rear axle (as) yang terdapat pada velg belakang.
Jarak antara cushion arm dan connecting rod motor anda akan cenderung menyempit ketika posisi rear axle tidak menghasilkan pergerakan yang terlalu signifikan (tidak terkena guncangan), dan sebaliknya akan melebar ketika rear axle bergerak akibat terkena guncangan.
Cara Mengatur Pro-Link Suspension
Terdapat beberapa prinsip pengaturan Pro-Link Suspension agar dapat sesuai dengan kestabilan dan kenyamanan berkendara anda masing-masing.
·         Bagian clip-on berbentuk seperti cincin pada ujung shock-breaker berfungsi untuk mengatur ketinggian dan ketahanan sistem suspensi belakang motor anda terhadap beban dan guncangan. Dengan memutarnya, anda dapat menghasilkan sistem pegas yang lebih keras, sehingga dibutuhkan beban yang lebih berat agar suspensi motor anda dapat bekerja secara efektif. Sangat sesuai digunakan apabila anda berbadan gemuk atau terbiasa membawa beban yang cukup berat saat berkendara.
·         Untuk mengatur tingkat redaman yang akan dihasilkan oleh suspensi motor anda agar terasa nyaman terutama pada saat terkena guncangan, anda juga dapat menyesuaikannya dengan mengatur jarak pegas pada shoxk-breaker motor Anda. Apabila Anda merasa guncangan yang dihasilkan masih terlalu kasar (keras), cobalah untuk sedikit mengatur jarak redamnya agar sedikit lebih renggang, begitu juga sebaliknya.
Selain itu, dengan mengatur bagian bawah shock-breaker motor anda, maka karakteristik suspensi motor anda terhadap guncangan akan bervariasi, 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment