Berbicara mengenai teknologi pada sepeda motor, Honda
sepertinya tidak pernah kehabisan akal dalam melengkapi motor pabrikannya
dengan berbagai fitur yang berkelas dan tentunya semakin membantu anda dalam
urusan transportasi sehari-hari.
Di artikel kali ini kami ingin membahas fitur Pro-Link
Suspension. Fitur ini merupakan salah satu hasil pengembangan teknologi yang
dimiliki oleh Honda untuk menjamin kualitas kenyamanan anda dalam berkendara
terutama pada kondisi jalan yang tidak rata.
Pengertian Fitur Pro-Link
Suspension & Benefit Bagi Pengendara.
Fitur Pro-Link Suspension adalah sistem peredaman yang
lebih progresif dan fleksibel sehingga anda akan tetap merasa nyaman ketika
berkendara dalam jarak yang dekat maupun jauh dan dalam kondisi jalan yang rata
maupun bergelombang.
Fitur Pro-Link
Suspension ini bisa anda sesuaikan tingkat kekerasan dari suspensi belakang
sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda dalam berkendara. Sistem suspensi
ini juga akan mencegah motor anda dari kerusakan akibat gesekan antara body
motor, bantalan suspense (rear cushion), serta ABS modulator.
Cara kerja sistem Pro-Link Suspension
pada Honda CBR 250R
Berikut adalah diagram mengenai cara kerja Pro-Link
Suspension terhadap bantalan suspensi belakang motor Anda:
Secara sederhana, sistem ini berfungsi dengan menyesuaikan
antara kinerja bantalan pegas suspensi belakang (cushion arm) dan connecting
rod (sebagai penghubung), dengan pergerakan dari rear axle (as) yang terdapat
pada velg belakang.
Jarak antara cushion arm dan connecting rod motor anda
akan cenderung menyempit ketika posisi rear axle tidak menghasilkan pergerakan
yang terlalu signifikan (tidak terkena guncangan), dan sebaliknya akan melebar
ketika rear axle bergerak akibat terkena guncangan.
Cara Mengatur Pro-Link Suspension
Terdapat beberapa prinsip pengaturan Pro-Link Suspension
agar dapat sesuai dengan kestabilan dan kenyamanan berkendara anda
masing-masing.
·
Bagian clip-on berbentuk seperti cincin pada ujung shock-breaker
berfungsi untuk mengatur ketinggian dan ketahanan sistem suspensi belakang
motor anda terhadap beban dan guncangan. Dengan memutarnya, anda dapat
menghasilkan sistem pegas yang lebih keras, sehingga dibutuhkan beban yang
lebih berat agar suspensi motor anda dapat bekerja secara efektif. Sangat
sesuai digunakan apabila anda berbadan gemuk atau terbiasa membawa beban yang
cukup berat saat berkendara.
·
Untuk mengatur tingkat redaman yang akan dihasilkan oleh
suspensi motor anda agar terasa nyaman terutama pada saat terkena guncangan,
anda juga dapat menyesuaikannya dengan mengatur jarak pegas pada shoxk-breaker
motor Anda. Apabila Anda merasa guncangan yang dihasilkan masih terlalu kasar
(keras), cobalah untuk sedikit mengatur jarak redamnya agar sedikit lebih
renggang, begitu juga sebaliknya.
Selain itu, dengan
mengatur bagian bawah shock-breaker motor anda, maka karakteristik suspensi
motor anda terhadap guncangan akan bervariasi,
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon