Tips dan Trik Mengatasi Motor Injeksi Mogok,
Pernahkah Anda mengalami motor mogok ketika
bepergian ?. Motor mogok tiba-tiba memang membuat pusing. Jika motor sobat
merupakan motor sistem karburator, tekniknya mudah saja. Posisikan gigi motor
serendah mungkin, misalnya gigi 2, kemudian motor didorong agar putaran roda
bisa memutar mesin.
Trik ini terbilang yang paling populer dan
sering berhasil, namun mesin baru mau hidup bila kondisi pengapian normal serta
bensin di tangki dan karburator ada.
Tujuan langkah itu sebenarnya untuk
memudahkan gas bakar terisap piston yang bergerak lebih cepat.
Tak ketinggalan ada pula cara yang
terbilang kuno, yaitu dengan mendorong motor. Hal ini biasa dilakukan bila
kemampuan aki lemah. Bahkan bila dilakukan pakai kick starter tetap sulit,
lantaran ada masalah di ruang bakar atau ada komponen pengapian lemah.
Untuk menghidupkan mesin memang mesti
didorong agar gas bakar yang mengandalkan gravitasi dan kevakuman mudah
terisap. Bahkan dengan putaran lebih tinggi, setrum dari sepul ke aki bisa
bikin normal. Tapi, kalau bisa jangan sering dilakukan.
" Nah terus bagaimana bila yang mogok
itu motor injeksi ?"
Motor injeksi yang ramai di pasaran saat
ini. Menggingat tunggangan sarat teknologi itu didukung komponen dan sensor
elektrik presisi juga sensitif. Motor injeksi bukan cuma mudah nyala, irit
bensin juga ramah lingkungan.
Motor injeksi memang sebisa mungkin
menghindari untuk didorong, lantaran komponen kelistrikan serta ECM (Elektronic
Control Module) yang didukung sensor itu memang membutuhkan setrum.
Motor injeksi pakai kick stater bisa
dipakai bila aki lagi tekor.
Agar tidak mogok di jalan pastikan kondisi
aki di motor tetap prima. Sehingga bilamana motor injeksi bermasalah di jalan,
pemilik tidak harus repot mendorong layaknya macam motor biasa.
Menghidupkan mesin motor injeksi dengan
cara didorong percuma juga. Apalagi kalau aki benar-benar tekor atau soak.
Biasanya bukan cuma bikin kerja pompa bensin yang bertugas menekan dan
menyemburkan bensin lewat injektor nggak aktif. Tapi, juga sensor-sensor
pendukung ECM enggak bertugas semestinya.
Selama lampu indikator enggak kasih signal
tanda sensor di motor aman-aman saja, motor injeksi sejatinya enggak perlu
didorong. Sebab aki lemah penyebab mesin sulit hidup, masih bisa diakali
menggunakan kick starter dengan menyelah berulang-ulang.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon