Punya motor matic memang
nggak bisa sembarangan asal melakukan modifikasi, apalagi buat biker yang
ingin buat motor matic-nya
semakin kencang.
Nah buat yang punya motor matic yang lambat alias nggak
bertenaga, apalagi posisi di jalan tanjakan dan berboncengan, bisa lho
bikin motor matic lebih cepat dan
bertenaga di segala kondisi jalan.
Trik ini bisa diterapkan
di berbagai jenis mesin, baik karburator maupun injeksi. Jadi kalau pengen banget bikin matic makin kencang,
perhatikan juga elemen mesin lain supaya tetap irit bahan bakar. Apalagi
sekarang inovasi teknologi matic semakin canggih dan gampang buat memodifikasi
agar tak keliru. Berikut
tipsnya..
1.
Roller weight
Part ini posisinya ada di
balik puli depan dan ada 6 buah. Berat standarnya adalah 10,6 gram, kalau pakai
bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi
lebih ringan. Nah kalau ingin mendapatkan akselerasi atas lebih cepat, tinggal pilih sesuai kebutuhan
dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, harga satuannya sekitar Rp.
15.000.
2. Rumah roller (Primary sliding shave)
Part ini sebagai tempat
roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas
lalu kemudian dipoles menggunakan autosol, sehingga alur menjadi licin. Efeknya
roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalau mau
lebih praktis bisa beli merek Kitaco. Dalam
satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr).
3.
V- Belt
Pakai
belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga
bisa mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp.
80.000. hingga Rp. 250.000. Cara ini bisa meningkatkan tenaga sekitar 5 persen
dan bahan bakar lebih hemat 8-10 persen.
4.
Per CVT
Per CVT bisa diganti
dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, efeknya akselerasi menjadi
lebih cepat. Bisa juga
dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak direkomendasikan.
Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000,
sedangkan model pengganjal harganya Rp. 70.000.
5.
Kopling Sentrifugal dan Tromol
Cara
kerja kopling sentrifugal CVT, hampir sama dengan motor bebek, bedanya pada CVT
ini tidak terendam oli alias kering. Kampas menempel pada teromol lalu kemudian
berputar bersama-sama. Tinggi rendahnya RPM agar bisa melempar kampas
tergantung dari kekuatan pegas. Pada mio standar bekerja pada 3.000 rpm. Agar
lebih responsif pakai pegas yang kekerasannya lebih rendah. Jalankan tips
tersebut. Semoga Bermanfaat.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon