Saat melintasi daerah yang minim
penerangan, kita hanya mengandalkan lampu yang ada pada motor kita. Kalau lampunya
terang, itu tudak masalah. Namun kalau lampunya redup, bagaimana ?
Lampu
memang menjadi salah satu aspek penting pada kendaraan termasuk pada sepeda
motor. Di sepeda motor, ada beberapa jenis lampu seperti lampu kepala, lampu
belakang, dan lampu rem.
Yang
menjadi masalah adalah apabila lampu kepala ini bermasalah. Lampu kepala adalah
lampu yang terletak didepan motor yang berfungsi sebagai penerangan utama.
Sebagai
penerangan utama, pastinya intensitas cahaya menjadi faktor yang penting. Memang ada lampu variasi dengan model projie LED ataupun HID.
Namun, lampu-lampu variasi tersebut
cenderung memiliki intensitas cahaya yang terlalu besar sehingga berpotensi
menyilaukan penggendara lain.
Oleh karena itu, saat akan membuat
lampu lebih terang kita tidak bisa melakukannya tanpa memperhatikan keselamatan
pengendara lain. Cara terbaik untuk memperbaiki lampu yang kurang terang,
adalah dengan mencari sumber penyebabnya.. Lampu motor sudah diset secara
default oleh pabrikan dengan intensitas yang mampu menerangi jalan dan tidak
terlalu menyilaukan. Saat sinar lampu tiba-tiba redup, anda bisa cek hal
berikut.
1. Soket lampu kendor
Perlu anda ketahui bahwa arus listrik
itu seperti air. Dimana ketika kita menyalurkan air dalam posisi selang kendor.
Maka air tersebut akan meluber keluar dan menyebabkan hanya sedikit air yang
sampai ke bak penampungan.
Begitu juga dengan arus listrik,
apabila soket kendor maka arus listrik yang masuk ke lampu menjadi kurang
maksmal. Hasilnya sinar lampu akan lebih redup.
2. Soket lampu karatan
Soket lampu biasanya menggunakan plat.
Plat yang berbahan logam ini, juga bisa karatan. Karat yang berada di tengah
aliran arus listrik itu seperti hambatan.
Sehingga tegangan listrik yang sampai
ke lampu menjadi lebih rendah dari standarnya. Sehingga sinar lampu menjadi
kurang terang.
Karat pada soket ini, bisa disebabkan
karena banyak hal. Salah satunya karena ada air hujan yang masuk ke sela head
cover motor dan menempel pada soket ini.
3. Baterai lemah
Aki
atau baterai bertugas sebagai penyimpan arus listrik. Saat kita menyalakan semua sistem kelistrikan motor ketika mesin mati, maka
aki yang menyediakan sumber listriknya.
Kalau aki lemah, otomatis sistem
kelistrikan yang diaktifkan tidak dapat berfungsi dengan normal. Contohnya pada
klakson yang kurang keras/sember, dan lampu yang redup.
4. Kiprok lemah
Kalau aki berfungsi untuk menyimpan arus
listrik, maka kiprok dan spull adalah komponen yang bertugas mengisi daya aki.
Namun kiprok dan spull tidak hanya melakukan pengisian, dua komponen ini juga
dibebankan untuk menunjang semua sistem kelistrikan ketika mesin hidup.
Dengan kata lain, saat mesin motor
hidup maka baterai tidak lagi berguna sebagai penyedia sumber listrik,
melainkan kiprok dan spull yang menyediakan listrik untuk semua sistem
kelistrikan.
Sehingga jelas, apabila kiprok atau
spull mengalami kerusakan maka arus pengisian akan terganggu. Akibatnya lampu
motor bisa terang redup tidak jelas.
5. Kabel lampu meleleh
Selain karena soket yang karatan,
lelehan kabel juga bisa menyebabkan hambatan arus listrik. Sehingga listrik
yang dikirimkan oleh sumber arus ke lampu menjadi kurang maksimal. lelehan
kabel ini, juga bisa terjadi pada bagian soket. Terutama saat kondisi soket
terlalu panas. Panas ini bisa muncul karena adanya loncatan elektron didalam
soket yang menimbulkan peningkatan suhu dksekitarnya.
Demikian yang bisa saya share, semoga
bermanfaat
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon