Mengecek
performa mesin sangat mudah untuk mengetahui kondisi motor bekas.
Kampas
kopling memiliki fungsi yang signifikan dalam menentukan performa sepeda motor.
Komponen ini adalah penyalur
tenaga mesin ke transmisi. Jadi, kondisi kampas kopling
harus tetap prima demi tenaga kendaraan yang maksimal.
Bagaimana jika komponen ini mulai rusak? Apa saja ciri-cirinya? ada beberapa ciri
kampas kopling mulai rusak.
"Rasanya kalau naik tanjakan kadang-kadang terasa ada bunyi yang tidak
normal seperti gas kosong yang meraung,"
karena
transfer tenaga dari mesin ke transmisi tidak maksimal. Jadi, meski tak
mempengaruhi kecepatan maksimal, waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya akan
lebih panjang.
Ciri lainnya dapat diketahui saat motor mulai dinyalakan menggunakan kick
starter. "Kadang kalau koplingnya habis diselanya agak susah. Kurang `gigit`,
atau terasa jadi enteng,"
Kampas kopling sebetulnya akan aus pada waktunya. Tapi ada beberapa faktor yang
membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Salah satunya adalah tak rutin mengganti
oli. Pasalnya, kampas kopling memang harus direndam oli agar awet.
"Kalau olinya kurang, kampas kopling kepanasan, haus. Kalau sudah haus ya
jadi cepat habis," tambahnya.
Ada pula ciri lain, selain yang telah disebutkan di atas. Dua ciri lainnya
adalah kopling slip serta putaran
mesin tinggi karena kampas mulai licin.
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon