Selamat datang di Blog PLAT R

Ganti Oli Transmisi skutik 150 cc


Pasar matic Tanah Air khususnya yang berdapur pacu 150 cc memang makin berkembang. Ada Honda PCX 150, Yamaha NMAX 150 dan lansiran Piaggio Vespa yang rata-rata berdapur pacu 150 cc. Sayangnya tidak semua orang yang memiliki tunggangan ini tahu, berapa volume (ml) oli transmisi atau gardan yang dibutuhkan.
Bila oli kebanyakan (volume), tarikan bawah terasa agak berat. Tapi yang jadi masalah kalau isinya kurang dari anjuran pabrik. Tidak heran kalau suaranya lebih berisik dan peranti di dalamnya cepat aus.
Misal, untuk skutik Honda PCX butuh oli transmisi sebanyak 180 ml, sementara kemasan yang dijual isinya 120 ml, berarti mesti beli 2 botol. Baik yang ber-cc 150 maupun di bawahnya, oli gardan yang digunakan sama. Penggantianya juga setiap 8.000 km.
Untuk Yamaha NMAX, penggantian berkalanya butuh 150 ml setiap 9.000 km, oli transmisi yang digunakan juga sama dengan skutik Yamaha yang berdapur pacu 110 cc maupun 125 cc.
1. Oli gardan lansiran Yamaha yang berlabel Yamalube, terdiri dari 2 kemasan, yakni berisi 100 ml dan 140 ml. Berhubung NMAX butuh 150 ml, jadi harus beli yang kemasan 100 ml sebanyak 2 botol.
2. Oli transmisi skutik Honda yang berlabel AHM oil hanya terdiri dari 1 kemasan, yaitu berisi 120 ml, jadi untuk PCX mesti beli 2 botol.
3. Rata-rata CVT (gardan) skutik nggak tertera berapa ml oli transmisi yang dibutuhkan. Seperti gardan Piaggio LX 150 ini, sebagai informasi tunggangan ini butuh oli transmisi 100 ml.
4. Di pasaran juga banyak beredar oli transmisi dengan merk lain. Kapasitasnya juga beragam, diantaranya ada Top 1, Pertamina, Agip, STP, Federal oil dan masih banyak lagi yang lain. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 15.000,- – Rp. 20.000,-/kemasan.
Demikianlah informasi tentang oli transmisi dan gardan skutik 150 cc, semoga dapat bermanfaat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment