Pasar matic Tanah Air khususnya yang
berdapur pacu 150 cc memang makin berkembang. Ada Honda PCX 150, Yamaha NMAX
150 dan lansiran Piaggio Vespa yang rata-rata berdapur pacu 150 cc. Sayangnya
tidak semua orang yang memiliki tunggangan ini tahu, berapa volume (ml) oli
transmisi atau gardan yang dibutuhkan.
Bila oli kebanyakan (volume), tarikan bawah
terasa agak berat. Tapi yang jadi masalah kalau isinya kurang dari anjuran
pabrik. Tidak heran kalau suaranya lebih berisik dan peranti di
dalamnya cepat aus.
Misal,
untuk skutik Honda PCX butuh oli transmisi sebanyak 180 ml, sementara kemasan
yang dijual isinya 120 ml, berarti mesti beli 2 botol. Baik yang ber-cc 150
maupun di bawahnya, oli gardan yang digunakan sama. Penggantianya juga setiap
8.000 km.
Untuk
Yamaha NMAX, penggantian berkalanya butuh 150 ml setiap 9.000 km, oli transmisi
yang digunakan juga sama dengan skutik Yamaha yang berdapur pacu 110 cc maupun
125 cc.
1. Oli
gardan lansiran Yamaha yang berlabel Yamalube, terdiri dari 2 kemasan, yakni
berisi 100 ml dan 140 ml. Berhubung NMAX butuh 150 ml, jadi harus beli yang
kemasan 100 ml sebanyak 2 botol.
2. Oli transmisi skutik Honda yang berlabel
AHM oil hanya terdiri dari 1 kemasan, yaitu berisi 120 ml, jadi untuk PCX mesti
beli 2 botol.
3.
Rata-rata CVT (gardan) skutik nggak tertera berapa ml oli transmisi yang
dibutuhkan. Seperti gardan Piaggio LX 150 ini, sebagai informasi tunggangan ini
butuh oli transmisi 100 ml.
4. Di
pasaran juga banyak beredar oli transmisi dengan merk lain. Kapasitasnya juga beragam,
diantaranya ada Top 1, Pertamina, Agip, STP, Federal oil dan masih banyak lagi
yang lain. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 15.000,- – Rp. 20.000,-/kemasan.
Demikianlah informasi tentang oli transmisi dan gardan
skutik 150 cc, semoga dapat bermanfaat
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon