Two Strokes Engine from Honda are Back…!!
Ketatnya regulasi terkait emisi gas buang
kendaraan bermotor di berbagai negara di dunia, mahu tidak mahu memaksa
pabrikan untuk terus mengembangkan mesin yang semakin ramah lingkungan..
Berbagai cara dilakukan, peralihan menuju bahan bakar tanpa timbal, perubahan
di sektor pengabutan bahan bakar, penambahan katalis di knalpot dan lain
sebagainyaaah.. Semua itu dilakukan demi untuk menekan emisi gas buang
yang merupakan kodrat dari mesin-mesin berbahan bakar minyak..
Ninja 150R - Salah satu motor 2 Tak yang
terkendala aturan emisi gas buang
Di Indonesia, berbagai produk sepeda motor
terpaksa stop produksi karena aturan terkait emisi gas buang ini, terutama
motor-motor yang masih menggunakan mesin 2 Tak (two stroke – 2 langkah).. Salah
satu contoh yang paling hangat adalah sang legenda, Kawasaki Ninja 150 2 Tak..
Namun demikian, tumbangnya motor-motor 2
Tak bukan berarti perkembangan teknologi akan mesin ini berhenti.. Tercatat
bahwa pabrikan Honda kini berencana untuk membangkitkan kembali generasi mesin
2 Tak ini.. Hal ini terpantau melalui paten yang diajukannya di Amerika Serikat
seperti yang diberitakan olehmorebikes.co.uk
Dari gambar paten yang diajukan,, terlihat bahwa
konstruksi mesinnya kini tidaklah sama dengan mesin 2 Tak konvensional yang
biasa kita kenal.. beberapa komponen yang merupakan hal baru dari struktur
mesin ini adalah sebagai berikut..
Teknologi baru mesin 2 Tak Honda
– Swing link (nomor 1 berwarna merah)
– Injector (2)
– Exhaust valve (3)
– Exhaust rocker arm (6)
– Push rod (7)
– Cam ex (8)
– Injector (2)
– Exhaust valve (3)
– Exhaust rocker arm (6)
– Push rod (7)
– Cam ex (8)
Dilengkapi klep untuk saluran gas buang dan
push rod
keluarnya gas buang mesin 2 Tak baru ini
tidak lagi melalui lubang yang biasanya ada di dinding silinder, melainkan
melalui klep buang yang ada di kubah silinder.. Buka-tutup klep nantinya akan
mengikuti irama push rod yang ada di sisi samping silinder.. (Jadi kayak mesin
Honda CG ya, CMIIW)
Cara kerja mesin 2 Tak konvensional
Jika mesin ini nantinya sudah memasuki
proses produksi massal,, jangan heran ya kalo motor-motor 2 Tak di masa depan
nanti bakal menggunakan klep layaknya motor-motor 4 Tak yang ada saat ini,,
bedanya jumlah klepnya setengah dari motor-motor 4 Tak.. Hehe
Satu lagi,, jika mesin 2 Tak pabrikan Honda bisa terlahir kembali, bukan tidak
mungkin mesin 2 Tak pabrikan Kawasaki juga akan segera menyusul,, ya toooh,
tidak
ada yang tidak mungkin..
mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..
Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon