Selamat datang di Blog PLAT R

Era Baru Mesin 2 Tak Honda

Two Strokes Engine from Honda are Back…!!

Ketatnya regulasi terkait emisi gas buang kendaraan bermotor di berbagai negara di dunia, mahu tidak mahu memaksa pabrikan untuk terus mengembangkan mesin yang semakin ramah lingkungan.. Berbagai cara dilakukan, peralihan menuju bahan bakar tanpa timbal, perubahan di sektor pengabutan bahan bakar, penambahan katalis di knalpot dan lain sebagainyaaah.. Semua itu dilakukan demi untuk menekan emisi gas buang yang merupakan kodrat dari mesin-mesin berbahan bakar minyak..
Ninja 150R - Salah satu motor 2 Tak yang terkendala aturan emisi gas buang
Di Indonesia, berbagai produk sepeda motor terpaksa stop produksi karena aturan terkait emisi gas buang ini, terutama motor-motor yang masih menggunakan mesin 2 Tak (two stroke – 2 langkah).. Salah satu contoh yang paling hangat adalah sang legenda, Kawasaki Ninja 150 2 Tak..
Namun demikian, tumbangnya motor-motor 2 Tak bukan berarti perkembangan teknologi akan mesin ini berhenti.. Tercatat bahwa pabrikan Honda kini berencana untuk membangkitkan kembali generasi mesin 2 Tak ini.. Hal ini terpantau melalui paten yang diajukannya di Amerika Serikat seperti yang diberitakan olehmorebikes.co.uk 
Dari gambar paten yang diajukan,, terlihat bahwa konstruksi mesinnya kini tidaklah sama dengan mesin 2 Tak konvensional yang biasa kita kenal.. beberapa komponen yang merupakan hal baru dari struktur mesin ini adalah sebagai berikut..
Teknologi baru mesin 2 Tak Honda
– Swing link (nomor 1 berwarna merah)
– Injector (2)
– Exhaust valve (3)
– Exhaust rocker arm (6)
– Push rod (7)
– Cam ex (8)
Dilengkapi klep untuk saluran gas buang dan push rod
keluarnya gas buang mesin 2 Tak baru ini tidak lagi melalui lubang yang biasanya ada di dinding silinder, melainkan melalui klep buang yang ada di kubah silinder.. Buka-tutup klep nantinya akan mengikuti irama push rod yang ada di sisi samping silinder.. (Jadi kayak mesin Honda CG ya, CMIIW)
Cara kerja mesin 2 Tak konvensional
Jika mesin ini nantinya sudah memasuki proses produksi massal,, jangan heran ya kalo motor-motor 2 Tak di masa depan nanti bakal menggunakan klep layaknya motor-motor 4 Tak yang ada saat ini,, bedanya jumlah klepnya setengah dari motor-motor 4 Tak.. Hehe
Satu lagi,, jika mesin 2 Tak pabrikan Honda bisa terlahir kembali, bukan tidak mungkin mesin 2 Tak pabrikan Kawasaki juga akan segera menyusul,, ya toooh, tidak

ada yang tidak mungkin..
mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment